Posting saya kali ini berkenaan dengan peran PR dalam metode pembelajaran.Apakah PR mempunyai andil besar dalam peningkatan pembelajaran siswa?Menurut saya PR memiliki peran penting dan sebagai alat yang bagus untuk meningkatkan pembelajaran karena dengan adanya PR siswa bisa mengulang dan mengingat kembali materi yang disampaikan oleh pengajar dalam waktu sebelumnya,
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta mengevaluasi apakah materi yang disampaikan bisa diterima dan diuji kepada anak murid.Tetapi menurut Cooper pada penelitiannya tahun 1998 efek PR bagi anak SD terhadap prestasi sangatlah kecil ,karena pada anak SD pembelajaran yang mereka terima sangat monoton sehingga mereka belum bisa mengembangkan pembelajaran itu sendiri.
Tetapi hal ini sangat bertolak belakang dengan keadaan siswa SMA.Anak SMA dianggap sudah bisa mengaplikasikan pelajaran-pelajaran mereka sehingga PR memiliki peran penting terhadap metode pembelajaran mereka.Karena mereka dituntut untuk berfikir dan memecahkan masalah dengan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari.
Tetapi sebaiknya PR dirancang sedemikian rupa oleh pengajar dan dijadikan sesuatu hal yang menarik sehingga menimbulkan keminatan dalam belajar sehingga bisa mengasah keterampilan murid.Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah PR tidak selamanya memiliki peran penting dalaam metode pembelajaran itu tergantung kepada apakah PR itu bisa mengasah keterampilan siswa itu sendiri atau tidak.
Sumber: Santrock, John W.2010.Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta : Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar