Senin, 31 Januari 2011

Pendidikan bagi Anak Penderita Gangguan Organ Indra

      Di blog ini saya ingin membahas mengenai pendidikan bagi anak-anak yang menderita gangguan dalam organ indra.Apakah mereka sangat terganggu dengan kekurangan yang mereka miliki?Organ indra itu  sangat berperan penting bagi kelangsungan pendidikan.Bagaimana jika salah satu dari indra yang kita miliki tidak berperan dalam tubuh kita?Tentu itu menjadi kendala yang amat berarti bagi orang-orang yang memiliki indra lengkat tetapi tiba-tiba kehilangan salah satu indra itu.
         Disini saya akan membahas apakah anak-anak yang memiliki gangguan pada organ mereka sejak lahir juga menjadikan kekurangan organ mereka itu sebagai kendala bagi proses pendidikan mereka?Pastinya akan terjadi suatu hal yang membuat mereka menjadi merasa berbeda dengan anak normal lainnya.Contohnya anak-anak yang mengalami kebutaan ataupun tunarungu,pendidikan yang mereka terima harus disajikan dengan cara berbeda dengan anak normal lainnya.Contohnya dengan penggunaan huruf Braille dan alat bantu pendengaran.Tetapi itu yang menjadi permasalahan,di Indonesia sangat kurang fasilitas-fasilitas yang menunjang pembelajaran bagi anak yang mengalami gangguan organ itu baik dalam tenaga kerja guru yang belum handal dalam penggunaan Braille dan fasilitas-fasilitas pendukung lain seperti alat peraga dan lain sebagainya.
        Tentunya dengan proses yang tidak biasa itu mereka tidak bisa disamakan dengan anak-anak normal lainnya.Anak-anak dengan gangguan organ akan mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan sekitar ataupun pengelolahan informasi dari luar.Dua hal ini yang menurut saya menjadi kendala yang sangat berarti bagi mereka.Tetapi menurut John W santrock dalam buku psikologi pendidikan anak-anak yang mengalami gangguan organ akan memiliki kecerdasan normal dan akademis yang bagus jika diberi perhatian,dukungan dan bantuan untuk memenuhi kebutuhan merreka.Karena telah kita temukan dalam kenyataan kehidupan banyak juga anak-anak penderita organ yang tidak lengkap memiliki prestasi cemerlang bahkan melebihi dari prestasi-prestasi anak normal.Hal itu sangat dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan yaitu bagaimana cara orang sekitar membantu mereka dalam proses blajar mengajar itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar